Thursday, January 10, 2013

Profesional di Industri Internet Marketing - Cara Mendapatkan Pengakuan dari Komunitas Online

Bagaimana Menjadi Seorang Profesional di Industri Internet Marketing? Cara Mendapatkan Pengakuan dari Komunitas Online


Profesional Internet Marketing
Insinyur, dokter, perawat, akuntan, pengacara dan masih banyak lagi. Mereka semua adalah apa yang kita sebut sebagai profesional. Mereka adalah individu-individu dengan pengetahuan dan keahlian yang telah mendapat pengakuan pada bidang tertentu. Mereka diberi hak oleh hukum dan kebijakan yang berlaku , mereka berhak menggunakan standar profesi mereka, karena mereka telah memiliki izin yang sah secara hukum untuk praktek sesuai profesinya masing-masing. Dengan demikian, mereka adalah pemilik "otoritas" di bidangnya masing-masing. Dan bagaimanakah kaitannya dengan para profesional di industri internet marketing serta bagaimana pula cara mendapatkan pengakuan dari komunitas online?

Seiring dengan label mereka sebagai profesional, individu-individu ini dibatasi oleh etiket yang tepat berkaitan dengan tindakan dan perilaku mereka. Sebagai profesional, mereka diharapkan untuk memberikan layanan yang dibutuhkan masyarakat banyak dan pada saat bersamaan mereka dituntut untuk bersepakat dengan professional-profesional lainnya dalam berbisnis dengan cara yang beretika. Mereka dipandang sebagai para pemimpin di bidangnya masing-masing, sehingga mereka diharapkan untuk bertindak sebagai profesional sejati ketika berhadapan dengan pekerjaannya dan juga orang lain.

Para profesional ada di mana-mana, di lokasi berbagai konstruksi, pasar real estate, rumah sakit, pengadilan daerah dan tempat-tempat lainnya. Bahkan termasuk di industri internet marketing yang dikelilingi oleh berbagai macam profesional, seperti: konsultan bisnis online, penulis konten web, pengembang perangkat lunak, desainer web dan lain-lain.


Industri Internet Marketing
Dengan demikian, industri internet marketing adalah kumpulan para profesional berbasis online yang bekerja bukan hanya untuk kepentingan pribadi mereka, tetapi untuk pengembangan industri itu juga. Tapi apa yang dibutuhkan untuk dapat pengakuan sebagai salah-satu profesional di industri internet marketing dari komunitas online?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pengertian seorang profesional berkisar pada konsep tentang "seseorang yang telah menguasai suatu ilmu pengetahuan dan keterampilan pada bidang tertentu". Sebagai seorang profesional, Anda dianggap pantas sesuai standar profesi Anda. Anda harus menunjukkan kepada dunia bahwa Anda benar-benar layak untuk dipandang sebagai seorang profesional melalui penciptaan citra seorang professional sejati. Namun, membangun citra profesional sejati tidak semudah yang anda bayangkan. Bahkan, itu memerlukan waktu yang cukup lama dan kerja-keras. Pengetahuan dan keahlian bukan hanya faktor kerja di sini. Anda juga harus mempertimbangkan pelaksanaan bisnis Anda secara profesional, terutama di internet di mana Anda berurusan dengan klien-klien yang Anda tidak ketahui karena Anda tidak menemuinya secara langsung.

Sekarang, bagaimana Anda dapat membangun citra profesional Anda? Dengan mempertimbangkan aspek-aspek penting berikut ini, Anda diharapkan akan mampu menciptakan citra professional Anda di industri internet marketing serta mendapatkan pengakuan dari komunitas online:

1.  Sikap Anda adalah salah satu aspek yang paling penting dalam menciptakan citra profesional Anda di internet. Hal ini dapat membantu atau malah membunuh karir bisnis online Anda dalam sekejap. Cara Anda berurusan dengan sesama internet marketer, klien-klien dan kepedulian serta perhatian Anda dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka seperti; komentar-komentar dan bahkan hanya untuk menanggapi pujian ataupun kritik akan mencerminkan profesionalisme Anda sebagai internet marketer yang profesional dan beretika.

2.  Sopan-santun juga merupakan faktor yang tak kalah penting. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Anda berhubungan dengan orang-orang yang tidak Anda lihat dan ketahui. Terlepas dari keterbatasan itu, Anda dapat memberi-kesan terhadap klien-klien "tak terlihat" Anda supaya mereka merasa sangat dihargai. Anda harus tetap menghormati dan hangat dalam menampung semua permintaan mereka dan jangan bersikap “acuh-tak-acuh”. Bahkan usahakan selalu mengucapkan ucapan terima kasih Anda terhadap semua tanggapan yang telah mereka berikan, walaupun hal itu bernada negatif, bukankah suatu “kritik” itu yang akan membangun kepribadian Anda menjadi seseorang yang benar-benar profesional.

3.  Kejujuran adalah kebijakan yang terbaik. Jangan sekali-kali Anda menyesatkan klien-klien atau jika tidak Anda akan kehilangan mereka. Ingat bahwa Anda harus mendapatkan kepercayaan mereka untuk membangun hubungan bisnis jangka panjang dengan mereka.

4.  Ketika berurusan dengan klien Anda, usahakan untuk selalu melampaui harapan mereka, supaya mereka merasa sangat puas karena telah dilayani lebih dari harapan mereka. Usahakan juga untuk selalu mendengarkan masalah-masalah yang klien-klien Anda utarakan. Sebagai seorang profesional, Anda diharapkan untuk selalu memperhatikan masalah-masalah dari para klien Anda, bahkan sekalipun jika Anda telah menjadi seorang internet marketer yang sangat sukses, jangan sekali-kali membiarkan para klien Anda merasa kecewa dengan sikap acuh-tak-acuh Anda karena merasa sudah berhasil!

5.  Klien yang merasa tidak puas selalu mengeluh tentang rendahnya dukungan teknis. Anda perlu membuat diri Anda-pribadi selalu tersedia untuk membantu klien Anda dengan berbagai-macam kebutuhan dan masalah mereka. Jika memungkinkan, contohnya dengan segera merespon email mereka serta menghubungi kembali mereka secepat mungkin.
Profesional di Industri Internet Marketing
     
6.  Meskipun merupakan sebuah kerugian bagi Anda misalnya dengan mengembalikan uang klien yang merasa tidak puas, akan tetapi hal itu harus Anda lakukan, karena itu memang hak mereka. Jangan berdebat dengan masalah-masalah atau hal-hal buruk yang akan menghancurkan bisnis Anda ke-depannya yang akan ditimbulkan dari klien-klien yang merasa tidak puas jika Anda mengacuhkannya. Selalu minta maaf secara sopan dan cari-tahu mengapa mereka tidak puas. Intinya, kitanya yang harus selalu introspeksi-diri dan tentunya selalu berpikiran baik ke semua orang supaya bisnis kita tidak menjadi sebuah beban. Nikmati saja prosesnya. Ingat aturan bisnis “tak-tertulis” bahwa "pelanggan selalu benar", bahkan jika Anda merasa bahwa mereka yang salah, sekali-lagi ingatlah jangan berdebat tentang hal-hal seperti itu, selalu ingat juga sebuah petuah-bijak “mengalah untuk menang”. :)

7.  Website Anda adalah refleksi dari diri Anda dan bisnis internet marketing Anda di dunia-maya. Oleh karena itu, website Anda harus tampak seprofesional mungkin, lengkap dengan berbagai-macam produk dan informasi kontak serta protokol pemesanan yang didesain untuk kemudahan calon pelanggan Anda.

Jadilah seorang profesional yang saling-menghargai sesama internet marketer. Perlu diingat bahwa Anda wajib membangun sebuah kompetisi yang sehat terhadap bisnis online secara global dan bukan pada kepentingan Anda-pribadi. Industri internet marketing yang profesional memiliki aspek-aspek penting tersebut. Jadi, sebelum Anda mengharapkan respek dan pengakuan dari komunitas online, tunjukkan kepada mereka bahwa Anda layak dihormati dengan membangun citra profesional sejati Anda-sendiri terlebih-dahulu.

No comments:

Post a Comment